Cara Pasang Klakson Mobil pada Sepeda Motor dengan Mudah - Indra Novian

Pengalaman dan Gaya hidup di Dunia Nyata.

Cara Pasang Klakson Mobil pada Sepeda Motor dengan Mudah

Cara Pasang Klakson Mobil pada Sepeda Motor dengan Mudah - Bel/Klakson merupakan fitur yang dibutuhkan pengendara sepeda motor, tanpa bel terpasang akan menimbulkan bahaya berkendara jika suatu saat berkendara pada area yang rame. Disamping itu tidak jarang kita menemukan suara yang sangat menggelegar seperti suara mobil tetapi kita tidak melihat adanya mobil di sekitar jalan raya.

Klakson mobil dipasang di sepeda motor

Tidak beberapa lama kita melihat suara Klakson Mobil itu ternyata berasal dari sepeda motor. Kita terkagum-kagum melihat sepeda motor biasa namun mempunyai suara klakson mobil. Bunyi klakson mobil dari mobil itu biasa, namun jika bunyi klakson mobil ternyata berasal dari sepeda motor itu baru luar biasa.

Pernah saya mempunyai seorang teman yang memiliki sepeda motor sport dipasangi klakson mobil, suara yang dihasilkan sangat menggelegar walaupun dari jarak jauh suara itu terdengar jelas seperti adanya suara mobil yang membunyikan klakson. Pernah berpikir untuk memasang Klakson Mobil pada sepeda motor? Jika iya, apa yang membuat kita berpikiran seperti itu? pengen kayak temen atau ingin bergaya? jawaban dari kita tentu berbeda-beda.

Klakson Mobil mempunyai kelebihan serta kekurangan namun kebanyakan dari kita hanya memandang kelebihannya saja tanpa memperhatikan kekurangannya. Mungkin saja karena sudah kepengen punya motor dengan suara yang menggelegar seperti mobil menjadikan kita pengen memasang klakson mobil pada sepeda motor kita. Terkadang kita merasa suara klakson motor kita kurang puas, mungkin karena itu kita ingin memasang klakson mobil pada sepeda motor.

Kelebihan Klakson Mobil pada Motor

1. Suara lebih besar dari klakson asli; Klakson mobil lebih terlihat istimewa daripada klakson bawaan sepeda motor, karena suara yang dihasilkan dari klakson mobil lebih keras. Tidak banyak kemungkinan jika seseorang mendengarkan suara yang menggelegar ini akan merasa ingin memilikinya pada sepeda motor pribadinya.
2. Suara Klakson seperti Mobil; Bunyi yang dihasilkan klakson ini memang menggelegar seperti mobil, namun ini memang benar-benar suara klakson mobil yang dipasangkan pada sepeda motor.
3. Biaya Murah; Tidak akan membuat dompet menipis karena memasang klakson mobil pada sepeda motor tidak membutuhkan banyak biaya, hanya sekitar seratusan ribu kita bisa memasang klakson mobil pada sepeda motor kita.

Klakson mobil cenderung diminati banyak orang karena cenderung melihat kelebihan dari suara klakson ini yang tidak lain suaranya mirip mobil. Klakson Mobil ini perlu digaris bawahi tidak asal sembarangan dipasang di semua jenis sepeda motor karena klakson mobil tidak hanya memiliki dampak baik tetapi juga memiliki dampak buruk. Klakson mobil ini cara pemasangannya sangat mudah, atau sangat sulit (bagi pemula) karena semua itu tergantung dari keahlian otomotif. Bunyi dari klakson diatas memang mempunyai kelebihan yang spesial bagi kendaraan bemotor, namun kelebihan diatas tidak sebanding dengan kekurangan-kekurangan yang ada, karena klakson mobil cenderung memiliki banyak kekurangan daripada kelebihan.

Kekurangan Klakson Mobil yang dipasang di Sepeda Motor

Klakson mobil tidak selamanya mempunyai dampak baik bagi mesin sepeda motor, semua yang punya kelebihan pasti mempunyai kekurangan. Klakson mobil pada sepeda motor mempunyai kekurangan yang diantaranya.

1. Berpotensi merusak Aki; Memasang klakson mobil akan cepat merusak sistem kelistrikan sepeda motor terutama pada aki, karena klakson mobil cepat menguras daya listrik sepeda motor. Membunyikan klakson tidak dianjurkan saat mesin sepeda motor dalam keadaan mati karena akan menyerap daya aki secara langsung tanpa mendapatkan daya tambahan seperti saat mesin motor menyala.

2. Mengagetkan Orang; Klakson keras dapat mengagetkan orang, klakson ini berpotensi dapat membuat orang kaget karena dikiranya suara yang berasal dari mobil. Membunyikan klakson pada saat rame tidak dianjurkan jika hanya untuk sekedar bergaya saja, karena akan merugikan orang lain jika ada orang yang kaget jantungan karena klakson ini.

3. Suara terlalu kencang; Suara klakson yang terlalu kencang dapat mengakibatkan dampak tidak baik bagi orang lain, klakson jenis ini tidak dianjurkan untuk dibunyikan di area kampung kecil.

4. Membutuhkan banyak arus listrik; Kita mungkin melihat klakson mobil seperti pada klakson lain, hal itu jelas salah karena klakson mobil lebih membutuhkan banyak arus listrik. Karena suara yang cukup keras tentunya juga membutuhkan banyak arus listrik.

5. Tidak aman penggunaan jangka panjang; Klakson mobil berpotensi merusak mesin-mesin motor jika digunakan dalam waktu jangka panjang, secara lambat klakson mobil akan merusak sistem listrik sepeda motor.

Penggunaan klakson mobil pada sepeda motor sebaiknya tidak digunakan jika sekedar untuk bergaya-gaya karena klakson mobil menguras banyak daya pada aki. Namun tidak masalah jika kita ingin memasang klakson mobil pada sepeda motor kita karena kurang puas dengan bunyi klakson sepeda motor kita. Pemasangan klakson mobil ini lumayan sangat sulit kecuali jika kita sudah ahli bongkar mesin sepeda motor. Klakson mobil cocok untuk Motor Sport sedangkan untuk sepeda motor biasa sebaiknya dipasangi klakson keong.

Suara klakson mobil cukup menggelegar, kita harus berhati-hati dalam membunyikan klakson semacam ini, jika asal bunyi akan berefek tidak baik jika kebetulan ada yang kaget dengan suara klakson kita. Pemasangan klakson mobil bagi yang telah paham dengan mesin sepeda motor tentunya tidak perlu lagi ke bengkel, kita hanya membeli bahan-bahan yang dibutuhkan serta alat-alat untuk pemasangannya.

Cara memasang Klakson Mobil pada Sepeda Motor

1. Siapkan Relay 12V (Hella) dan soketnya.
2. Relay 12V memiliki 4 kaki dan tiap kaki mempunyai nomor 30, 85, 86, 87.
3. Lepaskan kabel asli klakson motor (ada 2 kabel)
4. Sambungkan kabel asli klakson motor ke relay nomor 85 dabn 86.
5. Relay nomor 30 disambungkan ke kabel kontak/langsung ke aki.
6. Selanjutnya Relay nomor 87 bisa disambungkan ke klakson mobil kita.

Pemasangan Klakson ini bisa dilakukan dirumah bagi yang ahli mesin motor tanpa perlu ke bengkel. Klakson mobil saat ini tidak banyak yang memakainya, karena klakson mobil tidak baik untuk mesin motor. Klakson mobil untuk motor lebih berpotensi merusak aki seperti yang saya sebutkan diatas. Klakson Mobil Juga mempunyai kelebihan menarik yang membuat minat orang untuk memasang jenis klakson ini pada motornya. Walaupun Kelebihan diatas cukuplah menarik bagi pengguna motor saya asumsikan untuk tidak memasang klakson mobil pada sepeda motor demi keamanan berkendara.

Tidak hanya sekedar gaya, klakson mobil bisa memperkeras suara klakson bawaan sepeda motor, kerap klakson mobil hanya diminati oleh motor sport karena menurut pendapat motor sport ini sangat cocok untuk digantikan klakson mobil, sedangkan klakson keong cocok untuk sepeda motor biasa. Klakson mobil bisa didapatkan di bengkel-bengkel sepeda motor terdekat, memasang klakson mobil tidak akan membuat dompet menipis karena memasang klakson mobil tidak membutuhkan banyak biaya.

Penutup

Memasang klakson mobil pada sepeda motor memang membutukan aliran listrik tambahan, klakson mobil cenderung lebih nikmat jika dipasang dan dibunyikan pada sepeda motor daripada klakson mobil yang dibunyikan dari mobil asli. Demikian Cara Pasang Klakson Mobil pada Sepeda Motor dengan Mudah semoga apa yang saya tuliskan disini mudah untuk dipahami serta bermanfaat bagi kita.
Tag : Otomotif
0 Komentar untuk "Cara Pasang Klakson Mobil pada Sepeda Motor dengan Mudah"


Back To Top