Menghilangkan Rasa Malas Untuk Menjalankan Sholat Tarawih Berjamaah - Indra Novian

Pengalaman dan Gaya hidup di Dunia Nyata.

Menghilangkan Rasa Malas Untuk Menjalankan Sholat Tarawih Berjamaah


Diantara sunnah-sunnah yang paling utama di bulan ramadhan yaitu shalat tarawih, andai saja manusia mengetahui apa saja keutamaan saat menjalankan ibadah shalat sunnah ini niscaya mereka akan mengerjakannya selama satu bulan penuh.

Namun sangat disayangkan banyak Manusia yang mengabaikan salah satu sunnah ini dan lebih memilih untuk mengerjakan aktivitas lainnya. Untuk mengetahui keutamaan lainnya anda bisa searching di Google, karena disini saya hanya akan fokus membahas bagaimana cara menghilangkan rasa malas menjelang shalat tarawih.

Malas merupakan bagian dari nafsu yang dimana rasa malas merupakan salah satu musuh terbesar manusia selain syaitan dan sekutunya. Nabi saja pernah mengatakan bahwa peperangan yang paling besar bukanlah perang badar melainkan perang melawan hawa nafsu.

Karena begitu dahsyatnya, nafsu duniawi juga dapat menjerumuskan manusia ke jalan yang salah. Bersyukurlah, Allah telah menciptakan akal kepada manusia yang digunakan untuk mengontrol hawa nafsu, Allah akan menguji bagaimana cara kita menggunakan akal kita untuk mengontrol nafsu duniawi kita.

Dibulan yang penuh berkah ini, ada baiknya kita melawan salah satu penyakit ini, agar ketaqwaan kita semakin bertambah dihadapan Allah SWT.

Disini saya telah merangkum bagaimana cara menghilangkan rasa malas yang begitu dahsyatnya saat menjelang shalat tarawih.

1.# Niatkan Bahwa Diri Anda akan Melaksanakan Shalat Tarawih

Syarat pertama harus berawal dari niat, karena tanpa adanya niat, bagaimana cara kita untuk melawan rasa malas? apakah harus memaksa diri kita ini untuk bangkit?

Jika demikian, tentunya tidak baik bagi diri kita sendiri, banyak orang yang memaksa dirinya sendiri untuk melakukan ibadah, akibatnya ia tidak fokus dengan ibadahnya dan selalu saja kepikiran masalah duniawinya dibandingkan ibadahnya saat ini.

2.# Hindari Penggunaan Ponsel Setelah Shalat Maghrib/Setelah Berbuka Puasa

Sebenarnya nggak masalah jika kita menggunakan ponsel disaat-saat seperti ini, hanya saja jangan sampai berlebihan, apalagi sampai terlena dan lupa dengan waktu.

Nyatanya, banyak orang yang bermalas-malasan untuk berangkat shalat tarawih karena dipengaruhi oleh ponselnya sendiri. Tidak jarang dari mereka lebih memilih untuk menundanya besok, padahal sekali saja kita meninggalkan shalat tarawih kita sudah melewatkan salah satu keutamaan darinya.

3.# Tadarusan/Membaca Al-Qur'an setelah Shalat Maghrib

Alangkah baiknya kita membaca Al-Qur'an atau bertadarusan disaat kita menunggu waktu Isya. Selain menambah semangat kita untuk beribadah, membaca Al-Qur'an juga mempunyai beberapa keutamaan, salah satu keutamaan yang paling banyak dirasakan didunia yaitu mendapatkan ketenangan.

Belum lagi keutamaan yang didapat setelah diakhirat nanti. Kalau kamu sedang ada di pesantren, kamu juga bisa mengajak teman-teman kamu untuk membaca Al-Qur'an bersama-sama. Dengan cara seperti ini, tentunya kita bisa lebih bersemangat lagi untuk membaca Al-Qur'an.

4.# Jangan Tidur Setelah Shalat Maghrib

Selain tidak baik bagi kesehatan, ternyata tidur setelah shalat maghrib juga bisa menimbulkan rasa malas loh. Kalau kamu tidak percaya, berarti alhamdulillah kamu belum pernah tidur setelah shalat maghrib.

Tapi kalau kamu sudah percaya mungkin kamu akan paham bagaimana rasanya ketika beranjak bangun dari tidur dan berangkat untuk menunaikan shalat tarawih berjamaah.

5.# Jangan berbuka puasa secara berlebihan

Selain menimbulkan rasa malas yang berlebihan, makan yang terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan kita. Rasulullah sendiri mengajarkan kita untuk makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

Kalau sudah kekenyangan, kamu pasti akan mengalami seperti yang sudah saya sebutkan pada poin nomor empat. Kalau sudah mengantuk berarti siap-siap menghadapi rasa malas untuk menunaikan ibadah shalat tarawih berjamaah.

Semua yang saya tulis diatas merupakan hasil dari pengalaman saya sendiri, dan jujur saja saya melakukan itu semua kecuali pada poin nomor tiga. Karena saya sendiri memang jarang membaca Al-Qur'an. Bukan tanpa alasan, namun saya sendiri menyadari bahwa diri saya ini masih banyak kekurangan ketika membaca Al-Qur'an, diantaranya yaitu tidak lancar membaca.

Beruntunglah bagi kalian yang lancar membaca Al-Qur'an, semoga kalian melakukan semua poin yang saya sebutkan diatas. Mengingat bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan, jadi setiap amal perbuatan baik kalian akan dilipat gandakan oleh Allah.

Sebenarnya saya disini nggak bermaksud buat menggurui, namun saya hanya bermaksud untuk berbagi, mengingat diri saya ini masih penuh dengan dosa, jadi saya tidak pantas untuk menjadi guru bagi siapapun. Saat ini saya hanya fokus untuk menggurui diri saya sendiri.

Jika ada kesalahan atas semua tulisan saya diatas, jangan sungkan untuk membenarkannya, karena saya hanyalah manusia biasa yang juga tidak luput dari kesalahan. Semoga apa yang sudah saya bahas disini dapat bermafaat bagi semua yang beragama islam, aamiin.
Tag : Islam
0 Komentar untuk "Menghilangkan Rasa Malas Untuk Menjalankan Sholat Tarawih Berjamaah"


Back To Top