Tahap-tahap mudah bisnis Online untuk Pemula - Indra Novian

Pengalaman dan Gaya hidup di Dunia Nyata.

Tahap-tahap mudah bisnis Online untuk Pemula

Mengenal bisnis online merupakan peranan penting dalam dunia Internet Marketting. Apa itu bisnis online dan bagaimana  cara kerjanya? banyak orang yang bertanya-tanya seperti itu. Kenyataannya, bisnis online tidak semudah bisnis didunia nyata, terutama dalam mencari keuntungan. Jika didunia nyata kita dapat berjualan dan cepat mendapatkan keuntungan. Berbeda dengan Bisnis Online, kita dituntut melakukan banyak hal sebelum menjalankan praktek, karena bisnis online tidak semudah yang kita pikirkan. Ini adalah fakta, bisnis online dua kali lebih sulit dari bisnis offline.

Secara tidak sadar kita akan dituntut melakukan banyak hal sebelum menjalankan bisnis online. Ya, modal utamanya adalah sebuah website, serta ilmu pengetahuan yang luas mengenai bisnis online. Tanpa ilmu pengetahuan yang luas, bisnis yang kita jalankan akan sia-sia belaka. Bukan hanya tidak mendapatkan untung, modal yang kita keluarkan tidak membawa manfaat sama sekali.

Target menjalankan Bisnis online haruslah untung, ini merupakan cara yang sangat sulit terutama bagi pemula internet, yang baru mengenal internet dan langsung mengarah ke bisnis online. Bagi pemula mungkin sangat sulit, berikut ulasannya:

bisnis dolar

Tahap-tahap sebelum menjalankan Bisnis Online

1. Menjalankan Bisnis Ringan, Pasang Iklan di Website

Agar tidak kecewa karena tidak menghasilkan apa-apa di internet, alangkah baiknya kita mencari keuntungan lewat bisnis yang ringan dijalankan misalnya memasang iklan pada website kita. Walaupun keuntungan tidak seberapa, setidaknya kita mempunyai penghasilan online dibalik website yang kita kelola, ini merupakan tips awal, jangan langsung mengarah ke bisnis yang paling sulit, terutama bagi yang baru mengenal bisnis online. Kecuali mempunyai pemandu yang siap memandu kita sampai ke tahap sukses. Banyak orang yang sukses mengelola websitenya karena mempunyai penghasilan online, salah satunya yaitu karena pemasangan iklan di website yang dikelolanya.

Penghasilan iklan bertaksir pada jumlah pengunjung website kita, jika pengunjung website kita mencapai ribuan, berkesempatan mendapatkan penghasilan hingga ratusan ribu perbulan, salah satu penyedia iklan PPC (bayar perklik) yang paling populer yaitu Google Adsense, terkenal dengan bayarannya yang cukup tinggi kepada para publishernya. Negara yang paling tinggi bayarannya yaitu Amerika, rata-rata perkliknya $1-5 jika dirupiahkan Rp13.000 - Rp65.000, itu baru perklik bagaimana dengan sepuluh atau seratus klik perhari?.

Penyedia iklan ini banyak mensukseskan orang-orang didunia maya, salah satunya yaitu dengan membayar dengan bayaran yang cukup tinggi, namun penyedia iklan ini sangat ketat menyeleksi para calon publishernya, tidak setiap orang bisa mendaftar sebagai publisher, banyak syarat yang ditempuh untuk mendapatkan persetujuan, terkadang untuk mendapatkan persetujuan berlangsung seminggu atau satu bulan.

Jika kita memiliki website besar, pemasangan iklan merupakan car yang tepat untuk mendapatkan penghasilan, tidak harus iklan PPC dari Google Adsense, masih banyak penyedia iklan yang berkeliaran di internet yang membayar cukup tinggi bagi pemilik website.

2. Membuka Jasa yang mampu kita lakukan di Internet

Mempunyai keahlian juga merupakan salah satu peluang mendapatkan penghasilan secara online, bukan hanya memasang iklan, tetapi menyiapkan sebuah jasa yang kita mampu untuk dipromosikan lewat website yang kita kelola. Pada kebanyakan orang yang mempunyai kemampuan coding, mereka membuat sebuah karya misalnya template yang kemudian dijual melalui websitenya, kadang juga dibagikan secara gratis tanpa bayar sepeserpun, itulah kenapa kita musti menghargai karya orang lain. Jangan menghilangkan credit bahkan menggantinya dengan nama kita, kecuali kita telah membeli versi premium dari template tersebut.

Peluang mendapatkan uang di internet sangat luas, bukan hanya karya coding, tanyakan pada diri kita sendiri, apa hobby saya? menulis, nah dengan menulis kita dapat membuat sebuah artikel untuk dijual kepada website lain. Nah ada banyak orang yang menjual artikel kepada orang lain, biasanya dihargai sekitar 5 ribu rupiah untuk setiap artikel, bisa lebih tergantung pada panjangnya kata didalam artikel. Semakin banyak kata yang terkandung akan semakin mahal artikel yang dijual.

Sukses jasa yang kita jual tergantung dari pengembangan kita dan promosi kita sendiri, seberapa laku dan berguna jasa yang dimiliki bagi orang lain, nah mempunyai keahlian sangatlah penting sebelum menginjak ke jenjang bisnis di internet. Semakin banyak keahlian, berpeluang untuk membuka jasa, dan mendapatkan banyak uang melalui internet.

3. Mulai Membuat Sebuah Blog, bukan Website

Berminat mendapatkan penghasilan secara online melalui pemasangan iklan? sebagai saran saja gunakan blog gratisan seperti blogger atau wordpress. Tidak harus membangun sebuah website, karena membangun website memerlukan banyak modal untuk dikeluarkan, hosting dan domain, itu tidaklah murah, mau tidak mau perbulan harus merogoh uang untuk tetap aktif menggunakan website. Belum lagi penghasilan yang tidak pasti, kecuali kita sudah master bukan hal yang susah untuk mendapatkan keuntungan.

Pemasangan iklan pada website baru, bukanlah cara yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. Ingatlah website merupakan layanan berbayar, sedangkan pemasangan iklan pada website baru kemungkinan tidak mendapatkan keuntungan, yang hanya pada akhirnya akan membuat kita sendiri kecewa. Nah, menggunakan Blog Gratisan merupakan solusi untuk mendapatkan penghasilan melalui pemasangan iklan, bahkan kita bisa bebas memasang iklan pada blog baru, seiring berjalannya waktu blog kita akan mendapatkan pengunjung yang banyak berdasarkan jumlah postingan kita yang terindex pada search engine. Tanpa memikirkan biaya bulanan terhadap blog yang kita kelola, karena Blog merupakan layanan gratisan, anggap saja blog kita itu adalah website kita, berbeda dengan memakai hosting, kita harus membayar tiap bulannya.

Memakai hosting memerlukan biaya berkisaran sekitar Rp10.000 hingga Rp50.000, bahkan lebih tergantung dari paket hosting yang kita pilih. Dengan menggunakan Blog kita tidak memikirkan semua itu, karena kita membayar sepeser pun, kecuali kita memasang domain pada blog kita. Mamang website mempunyai keuntungan lebih dibandingkan blog, karena kita bisa bebas menggunakan dengan peraturan sendiri atas website yang kita kelola, sedangkan menggunakan blog kita harus patuh terhadap syarat yang diberikan oleh penyedia layanan.

Berikut daftar 5 layanan penyedia blog gratis terkenal yang dapat kita manfaatkan untuk bisnis online:

  • Blogger.com
  • Wordpress.com
  • BlogDetik.com
  • Weebly.com
  • Tumblr.com


Daftar Layanan Blog diatas 100% gratis, bagi pemula yang baru mengenal bisnis online, saya sarankan untuk menggunakan blog terlebih dahulu, daripada membuat sebuah website, penghasilan tidak dapat diandalkan.

4. Mengikuti Program Gratis berhadiah Pulsa Gratis dan Uang.

Bagi yang baru mengenal bisnis online, program ini sangat menggiurkan, terasa rugi jika tidak mengikuti program-program seperti ini, karena selain gratis, kita akan mendapatkan hadiah berupa uang maupun pulsa. Memang yang baru mengenal adanya pulsa gratis, akan menganggap ini hal aneh dan penipuan, karena program ini memberikan hadiah secara cuma-cuma, padahal itu salah, program ini memang gratis bukan berarti pemilik program ini memberikan hadiah secara cuma-cuma. Program seperti ini mendapatkan keuntungan dari pemasangan Iklan, semakin banyak yang tertarik kepada program ini, iklan akan semakin laku, sehingga uang yang didapat dari iklan, pemilik program dapat memberikan beberapa hadiah kepada membernya berupa uang maupun pulsa.

Program Gratisan ini sangat menguntungkan, mengingat tidak banyak modal yang harus kita keluarkan untuk mengikuti program ini, tentu banyak yang mendapatkan keuntungan dari program ini. Mungkin ada yang bertanya-tanya, jika kita mendapatkan uang dari program ini, bagaimana cara mereka memberikan uangnya? metode pembayarannya tidaklah sulit, banyak aplikasi maupun situs program yang menawarkan penukaran melalui transfer bank, paypal, maupun paket kiriman.

5. Bergabung dengan forum-forum Bisnis Online

Belajar secara otodidak bagai mengukir diatas batu (sulit dihilangkan) daripada belajar kepada ahlinya, oleh karena itu saya sering mampir ke forum-forum online untuk menyimak tutorial menjalankan bisnis online, tidak jarang saya melakukan googling jika saya kebingungan. Nah, informasi yang berada diforum online sangatlah terupdate, misalnya kita menemukan masalah pada iklan yang kita pasang diwebsite kita, yang terjadi adalah iklan tidak muncul, setelah kita mampir ke forum online kita mendapati orang yang mengalami hal yang sama seperti kita. Kesimpulannya, ternyata bukan hanya kita saja yang mengalami hal ini, tetapi banyak orang yang mengalami, berarti masalah ini merupakan masalah teknis dari penyedia iklan.

Dari Forum online itulah kita bisa berbagi, dan mencari ilmu, nah bagi pemula saya sarankan untuk bergabung dengan forum-forum online, bagaimana caranya? sebagai contoh saya akan bergabung dengan forum bisnis online di facebook, saya melakukan pencarian dengan kata kunci "bisnis online" pada kotak pencarian facebook, nanti akan ketemu dengan kumpulan grup-grup bisnis online. Dari situ, silahkan bergabung dengan forum-forum online.

Setelah mengetahui tahap-tahap awal sebelum menjalakan Bisnis Online, selanjutnya kita tinggal menjalankannya entah berkreasi ataupun Mempromosikannya di website/sosmed kita tempat menjual sesuatu.

Bagaimana caranya? tidak sulit bagaimana cara berpromosi, kita tinggal mengcopy link address bar web/sosmed kita setelahnya dapat kita pastekan dimana saja, digrup facebook, halaman facebook, website, dan sebagainya. Sebagai saran bagi pemula, mempromosikan link pada media sosial sebaiknya dalam jangka waktu 5 menit sekali posting/komentar, alasannya untuk menghindari spam atau pemblokiran oleh pihak facebook. Demikian semoga tahap-tahap ini bermanfaat.
0 Komentar untuk "Tahap-tahap mudah bisnis Online untuk Pemula"


Back To Top