Suka dan Duka Bekerja sebagai Orang Kantoran - Indra Novian

Pengalaman dan Gaya hidup di Dunia Nyata.

Suka dan Duka Bekerja sebagai Orang Kantoran

Bagi anak muda yang baru lulus sekolah mungkin akan mencari pekerjaan yang sifatnya 'santai' dan menggaji 'tinggi' karyawan. Seperti pekerjaan para orang kantoran pada zaman ini dimana kerjanya hanya duduk didalam kantor menghadap sebuah komputer lengkap dengan tempat duduk yang sangat nyaman.


Entah tidak tahu apa yang dikerjakannya yang terpenting pekerjaannya santai dan gaji tinggi, pekerjaan seperti inilah yang dicari oleh banyak anak muda zaman sekarang, terutama bagi yang baru lulusan sekolah.

Lulusan sekolah SMA adalah saat yang tepat untuk membuat pilihan, apakah ia akan melanjutkan jenjangnya ke bangku kuliah atau ke dunia kerja, jika ia melanjutkan jenjangnya ke bangku kuliah maka ia juga harus memiliki dana yang cukup untuk mendaftar kuliah atau jika tidak mampu maka ia harus memilih kedua pilihan diatas yaitu kerja sambil kuliah.

Tapi cukup capek jika harus memilih keduanya namun apa daya jika takdir sudah berkehendak, kecuali jika kuliahnya dibayar oleh kedua orang tua kita.

Saya pernah mempunyai prinsip ini sejak saya lulus dari SMA.

" Mulai sekarang, saya tidak akan membebani kedua orang tua saya, saya akan bekerja dan membeli apapun yang saya mau dengan hasil kerja keras saya sendiri "

Karena saya sendiri sadar, kehidupan luar itu amat kejam, demi sesuap nasi saja harus rela membanting tulang, apalagi jika harus memberikan nafkah pada keluarga, itulah yang dilakukan oleh orang tua saya sejak saya masih kecil.

Niat saya adalah ingin membahagiakan kedua orang tua saya, walaupun sangat mustahil bagi saya untuk membahagian mereka dengan posisi saya yang saat ini adalah sebagai karyawan kantoran biasa dan tidak lebih dari itu, jika saya diberikan kelebihan mungkin itu adalah rezeki saya.

Rezeki memang sudah ada yang mengaturnya, walaupun setinggi apapun usaha kita kalau bukan rezekinya kita tidak akan mendapatkannya, tetapi meskipun begitu kita harus tetap berusaha semaksimal mungkin, percayalah semua akan ada hasilnya walaupun tidak didapatkan sekarang.

Orang yang Bekerja sebagai Kuli Bangunan mungkin harus bekerja berat, mengangkat bata berat, semen, dan panas-panasan ditengah teriknya sinar matahari, tetapi hasilnya kecil.

Sedangkan orang kantoran kerjanya hanya duduk manis didepan komputer, tanpa terkena terik matahari, tanpa mengeluarkan tenaga, tetapi hasilnya luar biasa.

Jangan berpikir itu semua tidak adil, ingat harta itu tidak selamanya kita miliki, semua itu hanya titipan semata.

Mungkin orang yang kantor pekerjaannya hanya santai, tetapi tahukah anda dibalik santainya mereka bekerja? mereka semua bekerja menggunakan pikiran mereka, mereka diam bukan berarti mereka santai tetapi karena mereka memikirkan apa yang dikerjakannya.

Orang-orang kantor selalu berpikiran bahwa pekerjaannya itu selalu menguras pikirannya, antara pikiran dari rumah dan pikiran dari pekerjaan semuanya bercampur aduk menjadi satu, anda tidak akan pernah tahu bahwa orang yang pulang dari kantor sebenarnya ada sebagian dari mereka yang masih memikirkan pekerjaannya, meskipun mereka hendak beranjak tidur.

Berbeda dengan orang yang bekerja menggunakan tenaga, mereka mungkin capek sehabis pulang dari pabrik kerjanya, tetapi mereka tidak memikirkan apapun tentang pekerjaan setelah mereka pulang, dan disinilah enaknya menjadi pekerja swasta dibandingkan dengan pekerja kantoran.

Jika suka duka orang kantoran harus diceritakan, mungkin mereka akan memberikan cerita yang berbeda-beda, yang jelas semua pekerjaan itu intinya sama. Jadi jangan berpikiran, pekerjaan ini enak, dan yang itu susah, karena anda belum tahu apa yang harus dikerjakan oleh pekerja itu.

Bagian yang paling saya sukai saat menjadi orang kantoran

1. Pekerjaannya bersifat santai dan tidak main tenaga

Orang-orang kantor sangat jarang sekali capek tenaga karena pekerjaannya hanya duduk manis menghadap komputer, pekerjaannya yang dikerjakan juga cukup simpel dan tidak terlalu banyak.

2. Jam kerjanya cukup singkat

Saya mengalaminya sendiri selama saya bekerja disini, waktu kerjanya sebenarnya sangat lama tetapi bagi saya cukup singkat dikarenakan saya tidak terlalu sering memikirkan hal lain selain pekerjaan, jadi pekerjaan yang saya jalani enjoy-enjoy saja.

3. Pekerjaan ini menjadi motivasi bagi diri saya sendiri

Karena pekerjaannya sangat santai, tidak jarang ada motivasi yang muncul didalam pikiran saya selama bekerja, saya mendapatkan cukup banyak ide untuk pekerjaan saya semisal ide membuat logo perusahaan, ide menulis seperti ini contohnya, dan banyak ide lainnya.

4. Gaji yang tinggi, lebih dari cukup untuk menafkahi keluarga

Ini yang mungkin paling disukai oleh banyak karyawan kerja, sudah kerja santai masih saja dibayar tinggi, padahal pekerjaannya hanya seperti itu-itu saja menurut kita, tetapi bagi atasan kita mungkin yang kita kerjakan itu sangatlah penting sehingga atasan kita rela membayar tinggi pekerja kantoran.

5. Orang Kantorannya Sangat Ramah dan Menyenangkan

Dalam bekerja mungkin kita harus serius, karena itu sangat diperlukan, tetapi kalau kita terlalu serius justru itu akan menekan pikiran kita saat bekerja, tentunya kerja itu harus setengah serius dan setengah enjoy agar kita tidak merasa tertekan. Oleh karena itulah orang-orang kantor saya selalu ramah dan suka bercanda saat bekerja.

Dan Bagian yang paling tidak saya sukai saat menjadi orang kantoran adalah

1. Pikiran saya selalu tertekan saat bekerja

Saya sangat stress jika harus berpikir untuk mendapatkan ide saat bekerja, karena jika tidak mendapatkan ide maka tidak akan ada pekerjaan, lebih susahnya lagi jika ide yang saya dapatkan harus tertarget, maksudnya setiap hari saya harus mendapatkan puluhan ide untuk kerja.

Saya suka diburu oleh atasan saya untuk hasil kerja yang saya kerjakan, terkadang jika hasil tidak memuaskan saya sempat dimarahi oleh atasan saya sehingga saya harus mengulang dari awal pekerjaan saya, bahkan hal yang paling buruknya pikiran ini tetap ada setelah saya pulang dari kantor.

2. Saya harus mengeluarkan inisiatif saat bekerja

Pekerjaan kantor bukanlah pekerjaan suruh menyuruh antar karyawan, semua orang yang bekerja harus memainkan inisiatifnya setelah masuk kedalam kantor, jika tidak memainkan inisiatifnya, darimana saya harus memulainya? tentunya saya akan bingung sendiri nantinya.

Terkadang jika pekerjaan saya belum selesai, saya diharuskan membantu pekerja lainnya karena alasan waktu, mau tidak mau saya harus memburu waktu untuk itu.

3. Tidak ada perubahan suasana dan tempat bekerja

Mungkin kita akan jenuh jika harus bekerja dan bekerja terus, dan pekerjaan kita hanya itu-itu saja beserta semua tempatnya tidak ada perubahan sama sekali, baik dari segi perubahan desain kantor maupun perubahan tempat kita dikantor.

Ditambah lagi, jika kita menghabiskan waktu lebih dari 7 jam sehari, dalam waktu setahun kemudian pasti kita akan merasa jenuh disini, salah satunya saya sendiri, anda tidak akan lepas dari rasa jenuh dari waktu kewaktu kecuali ada perubahan suasana dan tempat.

4. Tugas Orang Kantor Itu Banyak

Jika anda berpikir tugas orang-orang kantor itu tidak banyak, itu memang benar, tetapi tahukah anda? tugas orang kantor itu tidak pernah ada habisnya, semisal kita diberikan tugas untuk desain gambar, maka akan seterusnya kita harus desain gambar dan kita juga harus mengeluarkan ide setiap harinya.

Kalau kita diberikan beberapa tugas, mungkin tugas itu kelihatan ringan, tetapi bagi orang kantor pekerjaan itu cukup berat.

5. Setiap hari anda harus ada perubahan

Sejak awal saya bekerja dikantor, sedikit demi sedikit mau tidak mau saya harus mengeluarkan peningkatan kerja baik dari hasil kerja ataupun cara saya bekerja. Jika saya bekerja tanpa ada perubahan apapun, kemungkinan saya akan ditegur oleh supervisor atau atasan saya, karena saya sendiri pernah mengalaminya sehingga gaji kerja saya tidak kunjung naik.

Anda pasti tahu kan namanya pekerja pasti ada rasa jenuhnya, semakin lama bekerja maka semakin jenuh pikiran kita, apalagi mengeluarkan peningkatan untuk bekerja, karena dirasa pekerjaan kita hanya itu-itu saja.

Dan masih banyak lagi suka duka yang belum saya sebutkan selama saya bekerja di kantor,

Jika anda ingin bekerja di kantor, sebaiknya perhatikan dulu perusahaanya, bergerak di bidang apa perusahaan tersebut. Jika ia merupakan perusahaan besar, kemungkinan pekerjaan itu memang pekerjaan impian anda dari segi pekerjaan maupun segi tingkat gajinya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis pada kali ini, semoga suka duka saya ini menjadi pertimbangan bagi orang yang ingin bekerja dikantor, saya hanya berharap agar kedepannya perusahaan yang begerak dibidang apapun selalu mementingkan karyawannya.

Sudah cukup banyak karyawan kantor yang langsung resend karena mereka semua merasa tertekan saat bekerja dan lebih memilih kerja menggunakan tenaga.
Tag : Lingkungan
0 Komentar untuk "Suka dan Duka Bekerja sebagai Orang Kantoran"


Back To Top